8 April 2012, Intel Rilis Ivy Bridge

Tags


Akhirnya setelah banyak rumor yang beredar seputar kapan dirilisnya prosesor Ivy Bridge, telah terungkap bahwa Intel berencana meluncurkan prosesor Ivy Bridge pada tanggal 8 April 2012. Hal ini diketahui dari sumber yang dikutip DigiTimes.com.

Ivy Bridge merupakan nama kode yang akan digunakan pada prosesor generasi ketiga dari Intel Core dengan menggunakan fabrikasi 22nm. Sebelumnya, diberitakan bahwa peluncuran akan dilakukan pada kisaran bulan Maret atau April, bahkan rumor menyebutkan bulan Mei juga menjadi target peluncurannya.
Secara umum, Ivy Bridge masih memiliki arsitektur yang sama dengan Sandy Bridge, tapi dengan beberapa perbaikan dan tentu saja peningkatan kinerja yang lebih baik. Perbaikan termasuk pada arsitektur chip grafis onboard untuk chipset seri H yang akan mendukung DirectX 11 serta penggunaan daya yang 30% lebih irit dibanding Sandy Bridge, serta peningkatan kinerja hingga 60%.

Pada awal rilis nanti, prosesor Intel Core i5 dan i7 generasi ketiga bagi platform desktop hadir dengan kisaran harga antara US$184 sampai US$332. Kemudian, akan menyusul Intel Core i3, i5 dan i7 untuk versi mobile. Peluncuran tersebut akan berlangsung selama kuartal tahun kedua 2012. Untuk prosesor Pentium desktop sendiri akan mengikuti di kuartal ketiga 2012.

Sebagai tandem prosesor tersebut, akan diluncurkan pula chipset Z77, H77, Z75 dan B75 untuk desktop dan chipset HM77, UM77, HM76 dan HM75 untuk mobile (notebook).


EmoticonEmoticon