Masa-masa Natal, Tahun Baru dan liburan akhir tahun merupakan masa-masa tersibuk bagi operator telekomunikasi, termasuk Indosat.
Untuk itulah, agar tak mengecewakan para pelanggannya, Indosat telah bersiap dengan performansi jaringannya.
Berbagai upaya juga dilakukan Indosat untuk mengantisipasi kenaikan trafik, antara lain melalui peningkatan kapasitas jaringan, optimalisasi jaringan, serta monitoring jaringan secara terintegrasi melalui pengoperasian Indosat Command Center (mulai beroperasi tanggal 24-25 Desember 2011 dan 31 Desember 2011 sampai dengan 1 Januari 2012 selama 24 jam penuh).
Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, trafik suara diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 16,7 persen dari trafik regular. Sedangkan trafik SMS diperkirakan naik 30,36 persen dan data diperkirakan naik 11,56 persen. Untuk itulah, Indosat melakukan beberapa peningkatan, terutama untuk kapasitas suara, SMS, dan data.
Kapasitas suara akan ditingkatkan sebesar 0,68 persen dan kapasitas SMS ditingkatkan sebesar 73,02 persen dibandingkan masa Natal dan Tahun Baru tahun sebelumnya. Sedangkan kapasitas data ditingkatkan hingga 8,36 Gbps dan mampu menyediakan volume data kurang lebih 100 terabyte/hari.
“Kami telah menyiapkan kapasitas layanan yang disesuaikan dengan perkiraan kenaikan trafik yang akan terjadi dalam masa-masa perayaan Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun. Kami berharap hal ini membuat pelanggan dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman di mana pun mereka beraktivitas selama masa-masa tersebut,” tukas Djarot Handoko (Division Head Public Relation Indosat).
EmoticonEmoticon